Indonesia memiliki berbagai macam bumbu khas Nusantara. Tak hanya itu, bumbu tersebut diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Dari masakan goreng, tumis, hingga berkuah yang ramah di lidah.

Cita rasa masakan Nusantara gak boleh kamu ragukan. Terlebih lagi masakan berkuah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dari sini muncul Peluang bisnis yang menarik untuk Anda yang sedang memikirkan ingin membuka usaha apa. Terutama jika passion Anda berada di bidang kuliner. Tak jarang makanan berkuah menjadi salah satu peluang bisnis bidang kuliner yang banyak diminati orang.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai makanan berkuah khas Indonesia yang bisa bikin kamu lupa diri lho! Apa ajah sih, langsung ajah kita lihat yuk!

1. Bakso

Masakan berkuah bening dengan isi bola daging dicampur tahu goreng, sayur, gorengan, mi kuning atau mi soun. Siapa sih yang gak doyan makan bakso? Gak mungkin nolak makanan satu ini nih!

Membuat bakso juga tak sulit. Simak tips dan resep lengkap ini sebelum mengolah bakso sapi.

  • Gunakan bagian dagingnya saja

Bakso yang enak dibuat dari bagian daging saja. Jadi pastikan untuk memisahkan daging, lemak, jeroan dan tulangnya. Boleh saja menambahkan sedikit lemak agar bakso lebih empuk.Setelah itu, potong-potong daging sapi jadi bagian kecil agar mudah saat digiling. Untuk hasil maksimal, langsung olah daging sapi segar karena daging beku akan merusak tekstur bakso.

  • Bumbu

Rasa bakso yang gurih berasal dari bumbu yang ditambahkan dalam adonan. Umumnya, bakso dibuat dengan bumbu bawang putih, bawang merah goreng, merica, garam dan bubuk kaldu. Semua bahan ini dihaluskan sebelum dicampur dalam adonan. Tambahkan juga bawang putih goreng untuk bakso yang lebih sedap beraroma. Bisa juga berkreasi dengan bumbu lain, misalnya bisa menambahkan bubuk cabai untuk yang suka pedas

  • Bahan tambahan

Bakso yang enak biasanya terbuat dari 100 persen daging sapi, namun bisa juga mencampur daging sapi dan ayam. Selain itu, ada juga beberapa bahan tambahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso

  • Kuah dan pelengkapnya

Kaldu dari rebusan tulang sapi bisa jadi kuah bakso yang gurih. Tambah bumbu bawang putih, merica dan daun bawang untuk kuah kaldu yang sedap.Bakso juga makin nikmat disantap hangat dengan berbagai pelengkap mulai dari mie kuning, bihun, tauge dan sawi

2. Soto

Dengan kuah berwarna kuningnya itu, soto menjadi makanan favorit di berbagai tempat. Bahkan, ada berbagai macam versi soto dari beberapa daerah  Misalnya soto Banjar, soto Lamongan, soto Madura, Soto Medan, Soto Padang, Soto Betawi, Soto Mi, Soto Bandung, Soto Tasik, dan lain sebagainya.

 

 

 

3. Rawon

Berkuah hitam, rawon begitu nikmat disantap dengan nasi hangat! Rawon, makanan berkuah khas Indonesia yang berupa sup daging berkuah hitam. Salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk membuat rawon adalah kepayang atau kluwek.

4. Coto makassar

Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Rasa hidangan ini di setiap warung memang hampir-hampir sama, tapi yang membuat berbeda adalah bumbu tambahan yang diberikan oleh masing-masing pedagangnya. Dan itu menjadi rahasia dapur masing-masing. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya

5. Gulai

Biasanya makanan ini hadir saat Lebaran. Namun, kamu bisa menemukan beberapa warung atau rumah makan yang juga menjual gulai. Berbagai bahan daging seperti ayam, ikan, sapi ataupun kambing bisa diolah menjadi gulai. Kuah gulai tersebut dibuat dengan berbagai bumbu rempah yang gurih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *