Benarkah memulai usaha di usia muda lebih banyak peluang berhasilnya ketimbang di usia paruh baya atau tua? Survei membuktikan tidak demikian. Tidak mudah untuk menentukan usia terbaik bagi seseorang untuk mulai berusaha. Ada sedikit orang yang siap terjun berusaha sedari belia dan dia bisa sukses. Sebagian besar orang di jaman ini terjun ke dunia usaha ketika sudah kepepet memasuki usia pensiun, sebagian juga masih bisa sukses. Lantas kita – kita yang tidak termasuk sedikit orang yang memulai usaha sedari belia, tetapi juga tidak ingin kepepet memasuki dunia usaha ketika sudah di usia pensiun dari tempat kerja – pada usia berapa kita sebaiknya memulai ?

Memulai bisnis di usia muda menjadi hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Bayangkan, di usia yang masih remaja, kamu memiliki sebuah bisnis dan juga penghasilan sendiri.

Tak heran jika belakangan ini ada banyak remaja yang memulai bisnis pertama mereka sejak masih muda. Kamu tertarik untuk memulai bisnis di usiamu yang masih remaja? Jika kamu berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Dalam buku berjudul `Breakthrough Entrepreneurship: The Proven Framework for Building Brilliant New Ventures` karya pengusaha besar Jon Burgstone dan Bill Murphy, orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas memiliki lebih banyak pengalaman dan matang dalam berbisnis.

Sementara melansir lamar Inc.com, Kamis (6/11/2013), banyak pengusaha sukses memulai bisnisnya saat berusia di atas 25 tahun. Terbukti, jumlah pengusaha sukses yang membangun bisnis di bidang teknologi rata-rata berusia 35-39 tahun. Jumlahnya dua kali lipat dari orang yang berusia di atas 50 tahun dan lebih muda dari 25 tahun.

Artinya, para pengusaha berusia 24-35 tahun masih dianggap berisiko untuk memulai bisnis sendiri. Menurut survei American Express, dari 16% orang yang memulai bisnis langsung setelah lulus, hanya 4% yang berhasil.

Sementara itu para pengusaha yang berhasil membangun bisnis diantaranya seperti Jimmy Wales pendiri Wikipedia, Michael Arrington pendiri TechCrunch serta Reed Hastings pembangun  Netflix. Seluruh pengusaha sukses tersebut berusia antara 35 hingga 42 tahun.

Jadi sebenarnya tak perlu risau soal usia saat ini membangun usaha. Bagaimanapun usia hanyalah deretan angka, bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan membangun usaha

Berikut ide bisnis yang cocok untuk remaja yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

  1. Membuat Handycraft

Kehadiran barang sehari-hari yang berbahan plastik mungkin menguntungkan manusia dalam beraktivitas. Namun, makhluk hidup lain yang menempati bumi ini tidak merasakan sisi positif dari adanya barang plastik. Nyatanya, hewan-hewan di lautan belakangan ini seringkali terdampak bahayanya barang plastik.Banyak sekali berita yang menyebutkan kejadian nahas yang dialami ikan-ikan di laut. Misalnya saja kura-kura yang hidungnya tersumbat sedotan plastik sehingga harus dicabut hingga berdarah. Tak hanya itu saja, seekor paus sperma pun ditemukan mati dalam keadaan perutnya yang dipenuhi dengan ribuan plastik. Dari fenomena tersebut, sudah jelas bahwa plastik sangatlah berbahaya karena tidak dapat terurai. Untuk itu, alangkah baiknya memanfaatkan barang-barang berbahan plastik, seperti botol minum plastik bekas untuk didaur ulang menjadi kerajinan tangan.

 

  1. Menjadi Blogger

Menjadi blogger juga bisa dijadikan sebagai pilihan bisnis di usia kamu yang masih remaja. Pilih topik tertentu yang menarik yang akan kamu jadikan isi blog tersebut. Sehingga orang akan tertarik dan rajin berkunjung ke blog kamu. Melalui blog yang kamu miliki, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan yang terpasang di sana, tentunya jika jumlah pengunjung blog kamu cukup banyak

 

  1. Menjadi Youtuber

Cara menjadi YouTuber sukses kuncinya adalah passion dan dedikasi tinggi. Semua itu akan lebih mudah jika anda atau kalian memiliki kreatifitas mengolah informasi dalam bentuk video sehingga beda dari lain.Sangat beruntung bagi anda atau kalian yang memiliki bakat natural sehingga bisa menuangkan karya melalui YouTube seperti menyanyi, memainkan alat musik, dansa, melukis, mengukir, atau apapun itu juga.Cukup kemas keahlian dan bakat anda dalam beberapa video menarik untuk mendapatkan kesempatan menjadi partner YouTube dan meraup penghasilan dengan cara menayangkan iklan. Nilainya tidak sedikit loh, tak hanya satu atau dua orang saja yang sudah membuktikan sanggup mengalirkan milyaran rupiah melalui karyanya di YouTube.

 

  1. Menjadi freelancer

Pilihan bisnis sebagai seorang freelancer, akan sangat tepat bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus di bidang tertantu. Ada banyak jenis keterampilan yang dapat kamu jadikan sebagai modal bisnis dan bisa mendatangkan pendapatan dengan cara menjadi freelancer.Anda bisa menjadi programmer, admin sosial media, admin toko online, dan lainnya. Semua ini bisa kamu lakukan dari jarak jauh alias tidak harus berada di lokasi tertentu secara rutin. Kamu hanya membutuhkan keahlian dan juga layanan internet

 

 

  1. Pengisi Acara

Bagi kamu yang memiliki kemampuan baik dalam menyanyi, maka bisnis yang satu ini sangat layak untuk dipilih. Kamu bisa menjadi pengisi acara untuk pesta ataupun berbagai acara lainnya yang diselenggarakan orang di sekitar lingkungan kamu.

Bukan hanya menyanyi saja, bisnis ini juga bisa dijalankan jika kamu memiliki berbagai talenta lainnya dengan membuat sebuah acara menjadi lebih seru dan menarik, seperti stand-up komedi, menari, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *